3 Desember 2014

Menyembelih Tanpa Baca "Bismillah"

Soal : Jika ada seseorang yang lupa mengucapkan "Bismillah" ketika menyembelih di hari Idul Adha, apakah sesembelihannya boleh dimakan ?

Jawab : Kebanyakan ulama mengatakan boleh dimakan, sebagian lagi berpendapat walau ia segaja tidak menyebut "Bismillah", maka sesembelihannya juga halal. Sebagian lagi berpendapat "jika ia lupa, maka sesembelihannya halal, adapun jika ia tidak membacanya karena sengaja, maka sesembelihannya tidak halal.
Dan yang nampak kuat adalah jika ia tidak membaca "Bismillah" dengan sengaja ataupun lupa, amak sesembelihannya tidak boleh dimakan. Karena Allah –subhanahu wata'ala- berfirman di dalam kitabNya yang Mulia :
وَلا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ
"Janganlah kalian memakan (sesembelihan) yang tidak dibacakan padanya nama Allah" [QS. Al An'am: 121]

Sisa bagaimana menjawab pendalilan dari hadits 'Aisyah –radhiyallahu 'anha- dalam hadits shahih (Hadits Shahih dalam kitab Sunan Abu Dawud tahqiq al Arnauth: 4/450 -pent-) yang menyebutkan bahwa manusia mendatangi daging sesembelihan, sedang mereka baru saja meninggalkan kekufuran (baru masuk Islam) dan kami tidak tahu apakah penyembelihnya membacakan "Bismillah"  atau tidak pada sesembelihannya –padahal mereka telah menjadi seorang muslim-. Nabi –shallallahu 'alaihi wasallam- pun bersabda :
سمُّوا وكلوا ("bacalah bismilah lalu makanlah")
Kita katakan :"ini kalau penyembelihnya seorang muslim lalu ia menghadiahkan sesembelihan tadi kepadamu, sedangkan engkau tak tahu ia membaca "Bismillah" atau tidak. Hukum asalnya seorang muslim (jika menyembelih) membaca "Bismillah", namun jika engkau yakin ia tak membaca "Bismillah", maka yang nampak kuat adalah kau tinggalkan sesembelihan tersebut.

Barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, maka Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik. Hanya kepada Allah kita minta pertolongan.

[Syeikh Muqbil –rahimahullah-dalam Kitab Ijabatus Sail: 668]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar