18 September 2014

Berbicara Baik dan Wajah Berseri

عَنْ أَبـِيْ ذَرٍّ  قَالَ : قَالَ لـِيْ النَّبِيُّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ- : لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ المعْرُوفِ شَيْئاً وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ
Dari Abi Dzar –radhiyallohu ‘anhu-, berkata : “ Rasulullah –shallallohu ‘alaihi wasallam- bersabda : “Janganlah kamu meremehkan kebaikan sekecil apapun, sekalipun engkau bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri” (HR. Muslim)


Perawi hadits
Abu Dzar t adalah termasuk kalangan sahabat yang zuhud dan dari kalangan muhajirin, masuk Islam sejak awal dan kisah-kisah hidupnya banyak sekali. Ia meninggal pada tahun 32 Hijrah pada masa khilafah Utsman t
 Penjelasan Ringkas
Hadits ini membimbing kita untuk tidak meremehkan apa yang ada dalam ajaran Islam, sekecil apapun amalan tersebut dalam pandangan kita. Karena kadang perkara yang kecil dalam pandangn kita ternyata menjadi sesuatu yang amat besar disisi Allah. Sebagian ulama mengatakan :”Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar nilainya dikarenakan niatnya, dan betapa banyak amalan yang besar menjadi kecil nilainya dikarenakan niatnya”.
Hadits diatas juga membimbing seseorang ketika menjumpai teman-temannya dengan muka berseri, gembira dan senyuman sebab lahiriyah manusia merupakan tanda batinya maka menjumpai saudara dengan seperti itu dapat memberikan rasa cinta dan gembira kepada mereka.
Faedah Yang Bisa Diambil dari Hadits
Dari hadits diatas maka kita dapat mengambil beberapa pelajaran, diantaranya :

1. Tidak boleh meremehkan kebaikan sekalipun sesuatu yang ringan.
2. Menggunakan kelembutan dan keceriaan ketika bersama teman.
3. Anjuran kepada hal-hal yang dapat menguatkan ikatan persaudaraan Islam.
4. Keceriaan di hadapan saudaramu merupakan kebaikan.
5. Memperhatikan niat ketika melakukan setiap amalan kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar