17 Oktober 2014

Sekilas Tentang al Fatihah

Tentu jarang ada seorang muslim yang tidak kenal dan hafal surah ini. Bahkan ia adalah surah yang paling dihafal oleh kaum muslimin.
Surah yang anak-anak dibawah umur pun mampu menghafalnya.
Berikut sekilas info tentang Seluk beluk surah alFatihah.


Dinamankan dengan surah alfatihah (pembuka) karena al Qur'an dibuka dengan surah ini.
Oleh karena itu surah al Fatihah adalah surah pertama yang dibaca, dan ditulis di dalam mushaf alqur'an. 
Surah alFatihah bukanlah surah yang pertama turun. Sebagian ulama seperti Ibnu Abbas, Qatadah, Abul 'aliyah berpendapat surah ini turun di Makkah dan sebagian yang lain seperti Abu Hurairah, Mujahid, Attha bin Yasar, Imam Azzuhri berpendapat bahwa surah ini turun di Madinah.
Setiap kita melaksanakan shalat, kita diperintah untuk membaca surat Al Fatihah sebagai salah satu rukun shalat. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
لاَصَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ
“Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (Al Fatihah)”. (HR. Abu Dawud no. 297 dan At Tirmidzi no. 230 dari shahabat Abu Hurairah dan ‘Aisyah)
Hadits ini menegaskan bahwa shalat tanpa al fatihah hukumnya batal.
Nama lain surah alFatihah adalah : ummul kitab, as sab'ul matsani, alhamdu, surah shalat, alwaqiyah, dan lain-lain.



MAKNA ISTI’ADAH
Isti'adah artinya ucapan a'udzubillahi minasy syaithanirrajim 

أَعُـوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّـيْطَانِ الـرَّجِيْمِ 
"Aku berlindung kepada Allah dari (godaan) syaithan yang terkutuk"

TAFSIR : Aku meminta perlindungan kepada Alloh rabbku dari syaithan yang terkutuk yang dijauhkan dari rahmat dan kebaikan agar syaithan tidak menggangguku ketika aku membaca al qur’an ini, atau tidak menyesatkanku sehingga membuatku celaka dan binasa.

HUKUM MEMBACANYA : Disunnahkan bagi setiap yang ingin membaca al qur’an baik satu surah atau lebih untuk mengucapkan ‘audzubillahi minasy syaithonirrojim’ kemudian ia membaca al qur’an. Allah berfirman :

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
“Apabila kamu membaca Al Qur'an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syeithan yang terkutuk” (QS. Annahl :98)

Sebagaimana juga disunnahkan membacanya ketika marah, atau takut kepada sesuatu yang ia kwatirkan. Wallahu a’lam
(Rujukan : kitab aisar attafasir oleh syeikh Abu Bakr al Jazairiy 1/11)

TAFSIR BASMALAH
Basmalah adalah ucapan "bismillahirrahmanirrohim". Jadi kalau dikatakan membaca basmalah berarti membaca "Bismillahirrohmanirrohim"
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”
TAFSIR : Aku memulai dengan bantuan seluruh nama Allah -subhanahu wata'ala-. Karena lafadz ( بِسْمِ ) adalah bentuk kalimat tunggal yang barmakna umum dikarenakan kalimat tersebut bersambung atau bersandar kepada lafadz Allah ( بِسْمِ اللهِ = dengan nama Allah) sehingga maknanya menjadi umum mencakup seluruh nama Allah. Allah (اللهِ) adalah nama bagi dzat yang kita sembah dan Ibadahi, yang berhak untuk ditauhidkan atau ditunggalkan dalam ibadah. Artinya Dialah satu-satunya yang berhak diibadahi, sedang selainNya tak pantas dan tak berhak diibadahi. Allahlah yang memiliki sifat-sifat ketuhanan (ilahiyah) yaitu sifat kesempurnaan.
Kemudian kalimat ( الرَّحْمَنِ الرَّحِيم = ar Rahman dan Ar Rahim ) adalah dua dari sekian banyaknya nama Allah. Dua nama ini bermakna bahwa Allah memiliki kasih sayang (rahmah) yang luas yang disampaikan kepada makhluknya. Kasih sayang yang Allah berikan kepada seluruh makhluknya baik orang beriman atau orang kafir. Namun Allah berikan kasih sayang yang khusus kepada orang beriman yang mengikutu para nabi. berupa hidayah, ketenangan, kebahagian haqiqi dunia dan akhirat. Maka mulailah dengan basmalah.
KANDUNGAN MAKNA
Ayat ini bermakna 'aku memulai bacaanku dengan bismillahirrahmanirrahim sambil mengharap berkah dan pertolongan dari Allah -subhanahu wa ta'ala-

HUKUM MEMBACANYA
Membaca basmalah adalah amalan yang disyari'atkan dan dianjurkan bagi seorang hamba ketika membaca setiap surah dari al Qur'an, kecuali surah at Taubah. Membaca surah at Taubah tidak diawali dengan basmalah.

Disunnahkan bagi seseorang untuk membaca basmalah ketika makan dan minum, memakai pakaian, masuk dan keluar masjid, naik kendaraan, dan setiap amal-amal kebaikan. Serta wajib bagi seseorang membaca :

بسم الله والله أكبر
(bismillahi Allahu akbar) ketika menyembelih hewan. 

Sumber bacaan:
Aisaruttafasir tulisan Syeikh Abu Bakr al Jazairi
Taisir Kalimir Rahman  tulisan Syeik Assi'di
Tafsir Qur'anil 'Adzim tulisan Imam Ibnu Katsir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar