14 Oktober 2014

Hilangkan Ngantuk Anda

Para pembaca –semoga Allah menjaga kalian- …
Berikut ini adalah amalan-amalan rasulullah dalam sehari semalam, kami sajikan secara berseri agar mudah menghafal dan yang terpenting mengamalkannya satu persatu. Berikut sajiannya..

Kebiasaan beliau  -shallallahu ‘alaihi wasallam- ketika bangun dari tidur adalah mengusap bekas-bekas tidur dari wajah beliau dengan tangannya.
Imam Nawawiy dan Imam Ibnu Hajar –rahimahumallah- telah menyebutkan sunnahnya hal tersebut yang diambil dari faidah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari sahabat Abdullah bin abbas –radhiyallahu ‘anhu- dimana beliau berkata :
اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَجَعَلَ يَمْسَحُ النَّوْمَ عَنْ وَجْهِهِ بِيَدِهِ
Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- bangun dari tidur lalu dia mulai mengusap dengan tangannya (bekas) tidur dari wajahnya”.  (Kitab Shahih Muslim 1/526, penerbit : Dar ihya atturats al ‘arabiy)

Faidah Sunnah Ini:
1. Disunnahkan mengusap wajah dengan tangan setelah bangun dari tidur dalam rangka mengikuti sunnah rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- karena perbuatan beliau adalah hujjah dan dalil sebagaimana sabda-sabda beliau.
2. Mengusap wajah setelah bangun dari tidur akan menjadikan kita bugar dan menghilangkan kemalasan, sehingga muncul kekuatan untuk beribadah.
3. Disebutkan dalam riwayat bahwa setelah beliau mengusap wajahnya dari bangun tidur, maka beliaupun membaca ayat terakhir dari surah Ali Imran. Sebagaimana di sebutkan oleh Abdullah bin Abbas –radhiyallahu ‘anhu-,
اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَجَلَسَ يَمْسَحُ النَّوْمَ عَنْ وَجْهِهِ بِيَدِهِ ثُمَّ قَرَأَ الْعَشْر الآيَاتِ الْخَوَاتِمَ مِنْ سُورَةِ آلِ عِمْرَان

Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bangun (di pertengahan malam), lalu beliau duduk seraya membersihkan kotoran dari wajahnya dengan tangannya, kemudian membaca sepuluh ayat terakhir surat Ali ‘Imron.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar